All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
6e5de495cb62b3cdcae9358639a1b1f4.jpg
Written by 

Tes mental Bisnis adalah program pembentukan karakter dan mental tangguh untuk berbisnis. Kegiatan ini disimulasikan dengan melakukan project mulai dari membuat sebuah produk, menentukan target penjualan dari modal yang sudah dikeluarkan, serta turun ke pasar-pasar atau tempat umum dan melakukan penawaran produk tersebut. Target penjualan bukanlah tujuan dari kegiatan ini, namun keberanian siswa untuk melakukan aproarch kepada sebanyak-banyaknya prospek untuk menjual produk yang ditawarkan. Tentunya strategi juga dibekali seperti bagaimana membuat kemasan yang menarik, membuat brosur dan tampilan penawarannya, promo dan lain sebagainya hingga bagaimana cara memperkenalkan diri, melakukan penjelasan produk dan sebagainya hingga akhirnya produk terjual.

Bisnis tidak semata-mata bergantung pada keahlian manajerial dan keahlian teknis. Keberhasilan bisnis justru ditentukan juga oleh keahlian dalam menjual. Bisnis tidak akan berarti bila produk ataupun jasa tidak dapat dijual meskipun memiliki kualitas yang tinggi. Tidak sedikit pula kita temukan produk ataupun jasa yang kualitasnya dan harganya biasa-biasa saja, namun banyak terjual karena ketrampilan dalam memasarkan yang sangat baik. Dengan demikian, pemasaran atau penjualan sebagai ujung tombak bisnis perlu menjadi perhatian dalam kemajuan sebuah bisnis.

School of Universe sebagai sekolah alam yang menitikberatkan salah satu kurikulumnya pada ketrampilan berbisnis, memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berlatih dan mengasah mental dalam berbisnis, terutama pada ketrampilan menjual produk. School of Universe tidak semata-mata mengedepankan pada aspek penguasaan ketrampilan teknis, manajerial dan perencanaan saja. School of Universe juga mengedepankan pada aspek ketrampilan dalam menjual, khususnya mengasah rasa percaya diri siswa dalam melakukan penjualan langsung (direct selling) kepada orang-orang yang belum dikenalnya.

Untuk dapat memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengalami langsung proses pembelajaran berbisnis, maka diperlukan sebuah kegiatan yang tepat. Oleh karena itu Sekolah Menengah (SM) - School of Universe menyelenggarakan kegiatan TES MENTAL BISNIS untuk seluruh siswa SM. Melalui kegiatan ini, siswa dapat belajar langsung bagaimana memasarkan/menjual sebuah produk kepada orang-orang yang belum dikenalnya. Ketrampilan menjual ini sangatlah penting bagi siswa sebagai bekal di masa mendatang ketika mereka masuk ke dalam dunia bisnis atau dunia kerja. Oleh karena manfaat dari kegiatan ini yang sangat besar bagi kehidupan karir siswa di masa mendatang, maka kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan. 

Produk yang akan dijual tentunya memiliki ketentuan seperti halal, mudah dijual, apabila dapat dikonsumsi harus sehat, organik dan bermanfaat. Dari sisi harga, harga jual produk harus lebih tinggi dari pada harga beli atau harga produksi, selisih harga jual dengan harga pokok minimal 10% namun terjangkau oleh pembeli

Bertempat di kawasan sempur, Kebun Raya Bogor, Target yang diharapkan dari kegiatan ini adalah percaya diri siswa yang terbangun, terampil menjual atau memasarkan produk dan melatih ketrampilan finansial siswa. 

Di hari H, Tes Mental Bisnis dimulai. Ramainya pengunjung yang datang membuat siswa antusias menjajakan dagangannya, malu memang, sulit iya, panas pasti, tapi ini menjadi tantangan penempaan mental dan kemandirian. Walau dagangan tidak habis, tak mengapa, karena itu tujuan ke-10, walau diusir oleh oleh "penjaga" tak mengapa, karena sejatinya bisnis di masa yang akan datang pasti penuh dengan halangan dan rintangan, baik yang nyata ataupun yang maya. Di sinilah kami belajar, di sinilah kami mencoba menjadi pebisnis yang berakhlak baik


Simple Picture Slideshow:
Could not find folder /home/k7831582/public_html/images/tbm

(1 Vote)
Last modified on Thursday, 26 October 2017 06:19

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.