admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Outing SD3 : Bagaimana Cuaca Hari ini?

Assalamu’alaikum Dear sobat Soulovers…

Salam sehat bahagia selalu ya dari kami E3 Warriors. Kali ini kami mau bercerita tentang keseruan kegiatan outing yang baru saja kami lakukan. Tepatnya pada hari rabu tanggal 8 february 2023. Waah ternyata sudah sebulan yang lalu yaa tapi insyaAllah tidak mengurangi keseruan ceritanya looh.

Hari rabu pagi tanggal 8 February 2023, cuaca di sou tampak mendung sendu. Kami SD3 bersiap-siap akan berangkat ke stasiun BMKG Bogor. Kami mengawali hari dengan kegiatan clean up, sholat dhuha dan opening class. Setelah berdoa dan menanyakan kabar, fasil kami yang cantik dan sholiha memberikan briefing terlebih dahulu tentang peraturan saat dalam perjalanan maupun saat berkegiatan nanti.

Kami pun bersiap berangkat ke Stasiun BMKG Bogor. Dua angkot jurusan parung-Bogor telah menunggu setia didepan SOU yang akan mengantarkan kami. Tepat pukul 08.15 kami berangkat mengendarai angkot menuju Stasiun BMKG Bogor. Selama perjalanan kami menikmati suasana keramaian jalan dengan berbagai kendaraan yang lalu lalang, kami juga makan snack di dalam angkot. Sekali-kali ketika berhenti di lampu merah, ada satu sampe dua orang pengamen yang masuk ke angkot kami. Setelah tahu kami anak sekolahan mereka langsung pergi. Nah perjalanan naik angkot yang sangat asyik saat menuju BMKG adalah kami melewati jalan hutan Cifor yang bebatuan dan melihat pohon-pohon tinggi besar yang sangat rimbun.

Alhamdulillah pukul 09.00 tepat kami telah sampai di Stasiun BMKG Bogor. Sesampai di sana, kami membawa tas-tas kami turun dari angkot dan merapikannya di mushollah. Kemudian kamipun berbaris rapi sesuai CLC. Fasil SD3 mulai membagikan papan jalan dan woksheet yang akan kami kerjakan nanti. Dua petugas BMKG menyambut kami dan mulai memperkenalkan diri. Beliau adalah pak Ary dan pak Asep. Mereka pun mulai menjelaskan tentang hal-hal akan kita lakukan selama di stasiun BMKG.

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah observasi lapang ke taman alat stasiun BMKG Bogor. Di dalam taman alat, pak ary dan pak asep, menjelaskan berbagai macam nama dan fungsi alat pengamat cuaca. Kami pun mendengarkan dengan aktif, mulai dari aktif mencatat kami juga aktif bertanya maupun berkomentar hahaha. 

Tiba-tiba saat sedang asyik melakukan pengamatan, cuaca yang tadinya mendung tiba-tiba berangin kuat dan datanglah hujan gerimis yang semakin deras. Kamipun akhirnya berlarian menuju dalam kantor BMKG. Ada yang kehujanan, ada yang woeksheetnya basah, ada yang masih kering tapi kami semua tetap happy kehujanan. Di dalam kantor, pak Ary menjelaskan tentang pengolahan data sederhana hasil dari alat pengamat cuaca yang ada di taman alat. Kami juga diajak pak Ary untuk melakukan simulasi gerakan gempa yang bisa terdeteksi di seismograf sederhana.

Kegiatan kedua yang kami lakukan adalah mendengarkan penjelasan tentang materi cuaca dan iklim. Kami diarahkan pak Ary untuk menuju ke dalam aula besar. Disana sudah ada Ibu Rima yang telah bersiap memberikan materi ruang. Ibu Rima menjelaskan dengan panjang lebar tentang baerbagai cuaca, musim dan iklim. Kami tidak hanya mendengarkan, kami juga diajak berdiskusi, tanya jawab maupun bermain tentang simulasi terjadinya gempa. Kami pun sangat menikmati pemaparan materinya.

Materi ruang adalah kegiatan terakhir kami di stasiun BMKG. Setelah itu kami makan siang, sholat dhuhur dan closing class. Sebelum pulang, kami memberikan cinderamata dan berfoto bersama dengan para petugas BMKG. Cheers di temani matahari yang cerah…Alhamdulillah.

 

Salam SEHAT BAHAGIA_E3-Warriors

by : Mrs Yuntik & Mrs Sela