admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Belajar Warna dan Bentuk Playgroup School of Universe

Belajar Warna dan Bentuk Playgroup School of Universe

Outing ke J.C.O (The Park Sawangan)

 

Sekolah Alam School of Universe terus memberikan pengalaman  bersekolah yang menyenangkan untuk anak-anak dan memberikan pengalaman  praktik yang nyata sehingga anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan ilmunya.

Outing kali ini kenapa harus ke J.CO ..,?

outing kelas dengan mendatangi salah satu kedai J.CO yang berada di depan Mall The Park Sawangan untuk belajar menghias donat.

Karena  hal ini berdasarkan dengan Tema pertama kita di semester 2 yaitu "Colors and Shapes" di mana anak-anak akan tetap mempelajari hal yang bersangkutan dengan tema tersebut, seperti mempelajari bentuk donat J.CO kemudian warna warni dari toping yang digunakan untuk menghias donat J.CO.

Sesampainya di sana teman-teman kecil kita yang hadir terlihat sangat antusias untuk segera belajar menghias donat. Sebelum  melakukan kegiatan seperti biasa Mrs. Mega dan Mrs. Ayu selaku fasilitator kelas PG mengajak anak-anak untuk berdo'a terlebih dulu. Setelah itu anak-anak  menggunakan apron terlebih dahulu agar tidak menodai pakaian yang mereka gunakan. 

 

Sebelum memulai menghias donat, anak-anak diajak bernyanyi lebih dulu bersama dengan kakak-kakak dari tim J.CO. Kemudian anak-anak  diberikan informasi mengenai penggunaan sarung tangan plastik. Kami selaku fasil bekerjasama dengan kakak-kakak dari tim J.CO untuk mengkondisikan anak-anak supaya tetap tertib dan terarah.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh salah seorang kakak dari tim J.CO. namanya kak Arul

“Kalau adik-adik sudah menggunakan sarung tangan, nanti adik-adik tidak diperbolehkan memegang benda lain ya. Karena setelah itu adik-adik akan memegang donat untuk dihias, supaya apa ya? supaya tetap higienis dan bersih,” ujar kak Arul.

anak-anak diberitahukan nantinya akan menghias donat. Selain diberitahukan cara penggunaannya, anak-anak juga diberitahukan mengenai alat-alat dan bahan  yang digunakan dalam pembuatan adonan donat dan hiasan toping donat.

 

waahhh seru bangett pastii...gimana yah prosesnya....

markicahuu...mari kita cari tahu....!!!

Proses ini dimulai dengan membuat adonan donat secara abstrak dengan lagu yang dipandu oleh kakak dari tim J.CO, ayo adik-adik kakak akan memberitahukan cara membuat adonan donat kita coba yah...Ujar salah satu kakak dari tim J.CO yaitu kak Arul .

"Ambil tepung gulung-gulung gulung"

"Ambil telur gulung-gulung gulung"

"Ambil susu gulung-gulung gulung"

"Ambil air gulung-gulung gulung" 

Wahh seru banget ternyata tidak terlalu sulit untuk membuat adonan yang lembut seperti donat J.CO, Antusiasme terlihat dari anak-anak PG School of Universe  yang ikut langsung dalam outing kelas ini. Mereka sangat memperhatikan dan teliti mendengarkan setiap arahan yang diberikan.

Kemudian anak-anak  diminta untuk mengambil adonan donat yang sudah jadi dan sudah digoreng untuk dihias diberi rasa dan toping, kali ini sebelum menghias donat kakak-kakak dari tim J.CO mengenalkan berbagai macam warna coklat dan toping yang akan digunakan, ada rasa Coklat oroginal, White coklat, Strawbery Coklat, dan rasa Greentea dengan berbagai macam toping tentunya, ada toping mesis coklat dan mesis warna warni, chocochips, dan kacang almond. Disini anak-anak diperbolehkan untuk memegang langsung jenis coklat dan toping tersebut untuk mengenal berbagai tekstur dari coklat dan toping itu sendiri.

 

Kemudian setelah itu anak-anak diminta untuk menghias donatsalah satu kakak dari tim J.CO meminta anak-anak maju ke depan satu persatu untuk bergantian menghias donat.

"Ayo adik-adik di sini kakak sudah siapkan rasa coklat dan toping coklat cranci, nanti adik-adik yang sudah tertib boleh mencoba menghias donat maju ke depan yah, ujar kak Arul salah satu tim J.CO yang memandu kegiatan tersebut. Kemudian kak Arul memberikan contoh cara menghias donat J.CO pertama-tama kita ambil donatnya lalu cemplungkan ke dalam wadah yang berisikan coklat ini, lalu jika donat sudah setengah tenggelam kita ambil dan kita taro di wadah yang berisikan toping cranci coklat ini yah adik-adik, dan taraaaa donat J.CO nya  sudah siap adik-adik. Ujar kak Arul lagi.

Dan kemudian anak-anak maju ke depan satu persatu untuk  mencoba menghias donat sesuai dengan yang sudah di contohkan oleh kak Arul, disini expresi teman-teman PG School of Universe terlihat sangat gembira bisa langsung menghias donat J.CO dengan Chef nya langsung.

Setelah itu anak-anak dipersilahkan untuk memakan donat yang sudah dihias dengan tangan mereka sendiri, dan selain itu anak-anak juga diberi  satu gelas susu coklat dari J.CO wahhh happy bangett  anak-anak terlihat sangat menikmati hidangan tersebut.

 

Dalam melakukan outing ini selain mengenalkan anak-anak tentang bentuk dan warna  juga melatih kesabaran si kecil Ternyata untuk bisa menikmati donat J.CO yang begitu lezat banyak proses yang harus dilakukan didalamnya. Dalam outing anak-anak juga diberikan woorksheet oleh Fasilitator kelas untuk menggambar bentuk donat dan mewarnai gambar donat sesuai dengan yang sudah mereka praktikan tadi. 

Usai sudah kegiatan outing kita kali ini, selain bisa menghias donat dan menikmati lezatnya donat J.CO ternyata anak-anak juga sudah disiapkan satu box baby donat untuk dibawa  ke rumah. wahhh anak-anak terlihat sangat senang dan bergembira.

Kegiatan kita di J.CO diakhiri dengan foto bersama kakak dan chef dari tim J.CO di depan pelataran kedai J.CO The Park Sawangan.

 

oke teman-teman segitu dulu yah cerita kita hari ini, nantikan keseruan cerita dari kita Playgroup School of Universe selanjutnya....See you 

 

By Mrs Ayu