admin@school-of-universe.com
slide06

Outing PGTK 2022 at Taman Safari

Bismillahirrahmannirrahim….

Hewan dan tumbuhan diciptakan Allah SWT, dengan maksud dan tujuan tertentu, serta memiliki manfaatnya masing-masing. Bukan hanya untuk disakiti, dibunuh dan dijadikan hiasan atau makanan, melainkan untuk kita lindungi dengan menjaga atau merawat habitatnya.

Taman Safari adalah salah satu tempat satwa hidup bebas dalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya. Keberagaman fauna dari berbagai belahan dunia tinggal didalam sebuah taman yang kurang lebih luasnya 55 ha (hectare) di atas lahan setinggi 800 meter dengan iklim yang nyaman.

Alhamdulillah Rabu, 09 November 2022 teman-teman PGTK Sekolah Alam School of Universe dapat berkunjung ke Taman Safari dalam rangka Outing. Tujuan dari Outing ini adalah untuk menambah pengetahuan teman-teman PGTK untuk mendukung pembelajaran dikelas, karena pada semester ini teman-teman PGTK sedang membahas tema hewan, kebun dan lingkungan sekitar. Jumlah anak-anak yang ikut yaitu 46 orang dan fasilitator berjumlah 15 orang. Kegiatan ini kami lakukan tanpa pendampingan orang tua, karena di outing ini kami ingin menanamkan nilai kemandirian pada teman-teman PGTK.

Pada Outing kali ini fasilitator, mengenalkan banyak jenis-jenis Hewan dan tumbuhan kepada TK A dan TK B, serta memperkenalkan lingkungan hewan-hewan sesuai habitatnya (hewan yang hidup di air / di darat) kepada teman-teman Playgroup.

Awal kegiatan kami mulai pada pukul. 06.30 dengan briefing dan doa bersama di masjid sekolah  (masjid Rahmatan lil alamin). Siswa mengikuti briefing perjalanan ke lokasi bersama fasilitator.

Dan pada pukul 07.00 kami pun bersiap untuk naik bus dan berangkat menuju Taman safari. Di sini Ayah dan Bunda banyak yang menunggu untuk mengabadikan moment keberangkatan kami, tak lupa sebelum naik bus kami pun pamit kepada Ayah dan Bunda yang sudah ada di halaman masjid SoU serta membaca doa naik kendaraan ketika bus akan melaju.

Alhamdulillah kami pun berangkat sesuai dengan jadwal yang ditentukan, teman-teman PGTK semua datang tepat waktu, sehingga keberangkatan pun lancar tanpa gangguan. Selama diperjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan yang indah karena Alhamdulillah cuacanya pun sangat cerah, kami berangkat melalui jalan tol bogor. Dan tak lupa di bus teman-teman PGTK dipersilahkan untuk snack time terlebih dahulu. Dan perjalananpun sesuai dengan yang diprediksikan. Kami sampai di lokasi pukul 09.00 WIB dengan keadaan perut sudah terisi dengan snack.

Setelah sampai di lokasi, kami disambut oleh petugas Taman Safari, mereka naik ke dalam bus untuk menghitung jumlah peserta yang ikut, setelah itu Ms. Nindie (Kepala sekolah PGTK) bersama Mrs ita (Fasilitator TK B) turun untuk mengurus administrasi tiket masuk dan teman-teman PGTK diajak untuk ke toilet terlebih dahulu untuk BAK. Selesai mengurus administrasi dan ke toilet kami pun diperbolehkan masuk.

Untuk kegiatan pertama kami di Taman Safari yaitu Safari Journey. Ini adalah kegiatan berkeliling melihat satwa dengan menggunakan bus. Selama Safari Journey teman-teman PGTK dipandu oleh Mr. Zela, Di sini Mr. Zela memperkenalkan satu persatu hewan yang kami lihat serta menjelaskan asal hewan tersebut. Pada kegiatan Safari Journey ini teman-teman PGTK sangat antusias, mereka berdiri di kursi bus untuk melihat hewan yang ada. Disana kami dapat melihat berbagai macam hewan seperti : rusa, zebra, jerapah, orang utan, unta, singa, harimau gajah dan banyak lagi hewan-hewan lain yang biasanya kami lihat hanya di layar televisi saja, namun untuk hari itu kami bisa melihatnya langsung, namun sayangnya kami tidak bisa berinteraksi (memberi makan) langsung dengan hewan-hewan ketika safari journey karena kami menggunakan bus pribadi yang disewa oleh sekolah.

Setelah 30 menit berlalu, selesai kegiatan Safari Journey kami pun turun dari bus, setelah itu kami berjalan untuk menuju lokasi show lumba-lumba, lumayan jauh namun hebatnya teman-teman PGTK terutama Playgroup tidak ada yang mengeluh kelelahan, menangis atau minta digendong selama perjalanan menuju wahana dolphin.

Pukul 11.00 WIB kami tiba di lokasi show lumba-lumba, di sana kami disuguhkan dengan atraksi 3 ekor lumba-lumba yang sangat menggemaskan. Teman-teman PGTK pun sangat senang dan terhibur dengan penampilan lumba-lumba tersebut. Rasa lelah kami selama perjalanan pun terbayarkan dengan penampilan lumba-lumba menggemaskan itu.

Selesai menonton show lumba-lumba yaitu pukul 11.30 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju istana panda. Kami berjalan kurang lebih 100 meter untuk sampai ke Stasiun Istana Panda. Dan kami pun menunggu bus panda karena lokasi istana panda jauh dari titik kumpul kami, sehingga kami perlu naik bus khusus untuk menuju Istana Panda. Selama perjalanan menuju istana panda kami melihat pemandangan gunung yang sangat indah, sekitar 10 menit kami pun sampai di lokasi. Sebelum masuk ke istana panda, teman-teman dan seluruh fasilitator diajak untuk makan siang dan foto bersama terlebih dahulu.

Selesai makan siang kami langsung bergegas memasuki istana panda, dan lokasi panda ada di lantai 3. Di sana terdapat dua ekor panda yang sangat lucu, namun sayangnya ketika kami keliling kandang, panda tersebut sedang istirahat tidur siang, namun teman-teman tetap senang karena bisa melihat hewan panda yang lucu secara langsung. Dan tak lupa kami pun mengabadikan moment ketika berada didepan kandang panda.

Selesai dari istana panda teman-teman PGTK diajak untuk kembali ke bawah, karena kami akan melanjutkan perjalanan pulang, namun sebelum pulang kami melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dan menunggu untuk shalat ashar di masjid yang ada di Taman safari. Setelah melaksanakan shalat ashar 15.30 WIB, kami pun melanjutkan perjalanan ke halte penjemputan untuk menuju ke parkiran bus. Setelah hampir 15-20 menit kami menunngu di halte penjemputan, kereta safari pun tiba untuk mengatarkan kami ke parkiran bus.

Lalu kami pun naik ke bus dan tak lupa teman-teman PGTK diajak untuk membaca doa naik kendaraan sebelum berangkat kembali menuju sekolah School of Universe. Alhamdulillah setelah perjalanan pulang yang panjang kami pun sampai di sekolah dengan selamat. Di depan halte sekolah Ayah dan Bunda sudah menunggu dengan sangat gembira.

Berikut pengalaman perjalanan Outing teman-teman PGTK School of Universe yang sangat seru, meskipun lelah teman-teman PGTK masih semangat sampai kembali ke sekolah.

Terimakasih semoga terhibur dengan cerita kami.

Jangan lupa nantikan keseruan cerita Outing kami berikutnya

By :

Miftah Nurfazriah (Mrs, ita)