admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Elementary 3 Warriors goes to museum tanah dan pertanian

Elementary 3 Warriors goes to museum tanah dan pertanian 

 

Yeaaay ini kali pertama kami SD 3 keluar dari lingkungan sekolah untuk belajar di tempat yang berbeda dari biasanya, semua teman-teman SD 3 sudah siap dengan dresscode birunya yang sangat terlihat cerah ceria seperti cuaca di pagi ini. Allhamdulillah Rabu, 24 Agustus 2022 kami teman-teman SD 3 School of Universe melakukan kunjungan ke Museum Tanah dan Pertanian di Bogor. Sebelum berangkat seperti biasa kami tetap melakukan aktivitas pagi mulai dari clean up, sholat Dhuha dan opening class setelah itu kami bersiap dan berbaris per-CLC menuju depan sekolah. 

Ternyata transportasi kami kali ini berbeda dengan biasanya. Kali ini kami menggunakan angkutan kota alias angkot, angkot adalah salah satu ikon transportasi umum di Bogor, teman-teman SD 3 sangat excited sekaliii bahkan ada yang baru pertama kali merasakan serunyaa naik angkot yang sangat smeriwiiing sejuknya.

Setelah perjalanan kurang lebih 1 jam akhirnya kami sampai tepat di depan pintu masuk museum tanah dan pertanian, ternyata sudah banyak  kakak-kakak magang dan guide di sana yang bersiap menyambut kami.

Setelah berbaris dan berkenalan, waktunya kami bersiap untuk eksplor berbagai ilmu pengetahuan yang ada di dalam museum tanah dan pertanian. Disana kami mempelajari berbagai ekosistem tanah dari berbagai tempat di Indonesia yang ternyata sangaaat banyak dan subur-subur, ada biota tanah dari yang sering kami temui sampai yang belum pernah kami lihat sebelumnya, ada juga berbagai jenis bebatuan mulai dari jenis yang terlihat glossy sampai yang bertekstur seperti kayu yang dimakan rayap, ada juga dari berbagai hasil bumi seperti kopi, beras,  dan berbagai rempah-rempah yang sangat banyak jenisnya, hasil peternakan, lumbung padi, alat-alat masak tradisional seperti tungku dengan menggunakan kayu, penanak nasi dan lain-lain, alat-alat bertani mulai dari yang tradisional sampai yang modern serta ada juga loh gambaran bagaimana teknologi pertanian dimasa yang akan datang. 

Setelah puas mengeksplor isi dari museum tanah dan pertanian kami diberikan kesempatan untuk menikmati view gunung salak di rooftop museum tanah dan pertanian, setelah itu teman-teman SD 3 diberikan tantangan kuis oleh guide dan Allhamdulillah beberapa teman-teman pulang dengan membawa hadiah. 

Allhamdulillah kami banyak sekali mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai tanah dan pertanian yang ternyata sangaaattt luar biasa, kita patut mensyukuri dengan apa yang telah Allah karuniakan ke Negeri Indonesia ini, semoga kita kelak dapat ikut menjaga, melestarikan dan memanfaatkan segala yg telah Allah berikan dengan baik dan bijaksana.

Terimakasih Museum Tanah dan Pertanian sudah berkenan belajar bersama kami.

 

Galeri kami saat kunjungan :