admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

SD5 SOU Outing ke Museum Anatomi

SD5 SOU Outing ke Museum Anatomi

Rabu, 10 Agustus 2022 Siswa-siswi SD5 School of Universe melakukan pembelajaran di luar kelas. Sesuai dengan tema pembelajaran “Healthy Life”, SD5 School of Universe mempelajari semua hal yang berkaitan dengan sistem pada tubuh manusia, mulai dari sistem gerak, sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem-sistem lainnya dalam tubuh manusia. Kami pun akhirnya memilih Museum Anatomi sebagai tempat untuk mencari banyak ilmu tentang sistem-sistem tersebut. 

Museum Anatomi merupakan museum milik Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya yang dibuka untuk umum. Terletak di daerah Jakarta Utara lebih tepatnya di area Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jalan Pluit Selatan Raya No.19, RT.16/RW.8, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440, museum ini menawarkan sesuatu hal yang sangat luar biasa untuk kami SD5 School of Universe. Bagaimana tidak, SD5 School of Universe dapat mempelajari secara langsung dan jelas tentang sistem yang ada pada tubuh manusia karena Museum Anatomi Unika Atmajaya memiliki koleksi berbagai anatomi tubuh manusia dengan menggunakan peraga asli tubuh manusia ditambah juga beberapa manekin yang menggambarkan kondisi manusia seperti aslinya. Tidak hanya itu, citra tubuh manusia dalam bentuk foto radiologi pun dipamerkan dalam museum ini sehingga siswa-siswi SD5 School of Universe dapat mempelajarinya dengan lebih nyata. 

Outing ini merupakan outing pertama di SD5 School of Universe, Waaww… betapa antusiasnya teman-teman SD5 karena banyak sekali pembelajaran yang kami dapatkan. Selama di area Museum Anatomi kami dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tiap kelompok didampingi oleh ibu/bapak dokter yang baik dan SoUPER hebat untuk membimbing kami memberi penjelasan tentang semua koleksi museum tersebut. Di sana kami dapat melihat koleksi anatomi tubuh, struktur tubuh manusia, dan organ manusia secara lengkap. Kami belajar tentang kerangka, otot, peredaran darah, pernapasan, sistem indera, pencernaan, urinaria, reproduksi dan syaraf yang semua itu kita bisa lihat dalam bentuk asli dengan cara diawetkan dan dipasang di preparate yang terpajang di sana. 

 

 

Selain itu juga, kami dijelaskan terkait penyakit-penyakit apa saja yang dapat menyerang sistem organ dan bagaimana cara mencegahnya serta kami dibantu dalam mengerjakan worksheet. Ibu/Bapak dokter di sana juga sabar menjawab berbagai pertanyaan unik dari kami sehingga kami senang dan antusias mendengarkannya. Jadi bercita-cita ingin jadi dokter sepulang dari sanaaaa :D. Sayangnya kami tidak bisa mengambil banyak gambar alias foto secara pribadi di sana karena untuk urusan dokumentasi foto, hanya pengelola Museum Anatomi saja yang diperkenankan untuk mengambilnya. 

  

 

Perjalanan outing kali ini sungguh bermakna, betapa rumitnya Allah SWT menciptakan tubuh manusia sehingga semua kami merasa harus meningkatkan rasa syukur syukur dan semakin yakin akan kebesaran dan keagunggan Allah SWT sebagai Sang Maha Pencipta.

By Mrs. Wiwit