admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

MIMUHGA Ikuti Pelatihan Sekolah Alam Bersama MT School

MIMUHGA Ikuti Pelatihan Sekolah Alam Bersama MT School 

Kulon Progo (MIMUHGA) – Sebagai salah satu sekolah yang menerima program MT School maka empat peserta dari MI Muhammadiyah Garongan terdiri Kepala Madrasah, Guru Model, Perwakilan Pengurus Komite, dan Perwakilan Paguyuban Orangtua mengikuti pelatihan sekolah alam dengan tema tahapan perwujudan sekolah dampingan menuju Eduwisata berwawasan Lingkungan/Sekolah Ekologi/Ecoschool. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Dikpora Kulon Progo dalam program Moral Technology School. Pelatihan berlangsung pada Senin-Kamis (20-23/12/2021) di Ruang Sadewa Dinas Dikpora Kulon Progo. Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora, dan dihadiri Ketua Baznas serta Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo. 

Kepala Madrasah, Siti Nurhayati, M.S.I. mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut banyak memberikan manfaat dan menambah wawasan. “Kegiatan pelatihan ini memberikan manfaat untuk memahami kurikulum sekolah alam dan menambah wawasan pada kami. Karena langsung dari pemateri Tim Ahli, Ir Lendo Novo, pencentus sekolah alam dari School of Universe, Parung, Bogor, Jawa Barat. Terimakasih tim konsultan MT School telah memberikan pendambingan ini,“ ucap Siti.

“Dalam pelatihan ini yang kami pelajari yakni memahami empat skema kurikulum sekolah alam mulai dari kurikulum ahlak, logika, leadhership, dan bisnis,” tambahnya.

“Pelatihan ini kegiatan yang menunjang mutu pengembangan kemampuan diri, khususnya dalam manajemen pendidikan. Maka harapannya kami dapat bersinergi bersama-sama menggali, menfaatkan sumber daya alam lingkungan madrasah untuk mewujudkan sekolah/madrasah dampingan menuju Eduwisata berwawasan Lingkungan/Sekolah,” pungkas Kamad.

Selanjutnya Guru Model, Galuh Ika Ningrum, S.Pd. mengaku bahwa pelatihan tersebut menjadi pengalaman baru baginya. “Pelatihan ini adalah pengalaman baru karena dapat mengetahui rencana pembelajaran, kegiatan, dan metode khas sekolah alam,“ ungkap Galuh.

Pelatihan yang dikuti 40 orang dari sepuluh sekolah/madrasah selain diberikan materi juga praktik kurikulum akhlak yakni membuat tata nilai seperti istiqomah, logika membuat kolaborasi tema kurikulum dinas dengan pengembangan tema. Leadhership dengan outbond, dan bisnis dengan praktik berjualan. Semuanya dikerjakan bersama-sama setiap sekolah/madrasah.

Tim perwakilan dari POT serta Komite dan Guru Model merupakan kesepakatan bersama sama pada rapat dari daring dan luring dengan pendampingan dari MT School dalam kegiatan penyampaian gambaran umum MT School dan Studium General Pelatihan Sekolah Alam, Kamis (16/12/2021) pada 10 sekolah/madrasah di sekolah/madrasah masing-masing. (sit/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

Rangkaian Pelatihan Sekolah Alam MT School Kulon Progo bersama School of Universe

 

 

sumber : https://kemenagkulonprogo.com/index.php/2021/12/23/mimuhga-ikuti-pelatihan-sekolah-alam-bersama-mt-school/