admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Workshop Akar Alam TK SD

  

Kegiatan Workshop Akar Alam untuk level TK dan SD untuk pertama kalinya dilaksanakan secara daring. Pandemi covid-19 tidak menghalangi antusiasme penggiat sekolah alam dari seluruh Indonesia berkumpul, walaupun melalui zoom meeting saja. Awalnya kegiatan Workshop direncanakan dilakukan tatap muka mengingat efektifitas kegiatan akan maksimal dilakukan secara offline. Namun karena masih belum surutnya wahab covid-19 yang melanda dunia, dan atas saran PSDI Jaringan Sekolah Alam Nusantara banyaknya teman-teman di seluruh nusantara yang belum berani bepergian, maka akhirnya kegiatan ini dilaksanakan secara online.

Sebanyak 23 Sekolah tercatat terdaftar yang berasal dari daerah-daerah di seluruh nusantara, dan diikuti sekitar 200 orang peserta. Workshop Akar Alam terselenggara oleh kerjasama Lendo Research Centre dan Jaringan Sekolah Alam Nusantara. sejak tanggal 12 hingga 16 Juli 2021, peserta mengikuti materi kurikulum sekolah alam khususnya level TK dan SD. Pada hari pertama Konsep Sekolah Alam langsung disampaikan oleh konseptor Sekolah Alam, Bang Lendo Novo. Seperti biasa di akhir materi, proses diskusi dan tanya jawab dari peserta sangat seru dan dijawab satu per satu oleh bang Lendo. Karena waktu membatasi, akhirnya materi harus dilanjutkan dengan penjabaran kurikulum sekolah alam secara umum. Tiga hari berikutnya adalah penyampaian materi dan workshop kurikulum Akhlak, Logika, Leadership dan bisnis. materi kurikulum ini di sampaikan oleh tim kurikulum School of Universe.

Dua hari terakhir, peserta mendapatkan best practice dan materi manajemen seperti Tahapan Pendirian Sekolah, Manajemen Sekolah, sekolah inklusi dan digital learning dari praktisi pendidikan yang sudah berpengalaman. Semoga dengan adanya workshop ini, walaupun diselenggarakan secara daring, tidak mengurangi manfaatnya. Kurikulum yang diberikan dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing, dan tentunya tetap mengikuti insitu developmen dan kekhasan daerahnya sendiri. Semoga pada workshop-workshop selanjutnya, kita dapat bertemu dan bertatap muka secara langsung.