admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Serunya Belajar di Alam Terbuka Saat Pandemi

Serunya Belajar di Alam Terbuka Saat Pandemi

By Ms Nindie

80% kegiatan belajar sekolah Alam adalah di ruang terbuka. Dengan kelas semi permanen dan selalu konsisten belajar dengan metode yang sudah tidak asing lagi yaitu belajar bersama Alam. Di tengah pandemi saat ini memaksa kita untuk terbiasa belajar secara daring namun, ada hal yang tidak bisa digantikan dari belajar daring yaitu kedekatan hati yang lekat antara murid dan guru jika dilakukan secara tatap muka. Kita ketahui bahwa Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, oleh karenanya School of Universe membuat dua sistem pembelajaran di masa pandemi yaitu daring dan Green Teraphy. Kegiatan Green Teraphy dilaksanakan dengan mengajak siswa-siswi untuk datang ke sekolah, bertemu teman-teman dan fasilitator kelas dengan jumlah terbatas. Tentu dengan mendapat persetujuan dari orangtua serta mengikuti protokol yang ada, seperti mengukur suhu tubuh saat tiba di sekolah, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 

Sebenarnya, seberapa aman menjalankan kegiatan di luar ruangan di tengah pandemi yang masih berlangsung ini? 

Melansir New York Times, 3 Juli 2020, para ahli mengatakan bahwa risiko terpapar virus di luar ruangan lebih rendah daripada di dalam ruangan. Oleh karena itu, menghabiskan waktu bersama teman-teman di luar ruangan disebutkan dapat mengurangi risiko terpapar Covid-19. "Di luar (ruangan) jelas lebih aman", kata Ahli Imun dan Profesor Biologi di University of Massachussetts Dartmouth, Erin Bromage. Namun Eric menegaskan bahwa risiko tersebut bergantung pada jenis interaksi yang dilakukan. (Dikutip dari Kompas.com 05/07/2020).

Kegiatan belajar di ruang terbuka akan menjadi solusi terbaik di era pandemi ini. Selain merasakan pembelajaran secara konkrit, alam terbuka juga sebagai ruang belajar yang aman digunakan sebagai aktivitas belajar.