admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Tes Mental Bisnis Menguji Mental dengan Bertemu Orang Baru

Tes Mental Bisnis Menguji Mental dengan Bertemu Orang Baru

Parung, Minggu 23 Oktober 2022 sejumlah siswa SMP School Of Universe melaksanakan kegiatan Tes Mental Bisnis (TMB). Kegiatan ini dilakukan untuk menguji keberanian anak-anak menghadapi dan mencoba menawarkan produk kepada orang-orang baru. Sebelum kegiatan berlangsung tentunya anak anak dibekali pengetahuan dan tata cara bagaimana menghadapi orang baru, orang asing dan lainnya. Juga diberi tahu bagaimana mensikapi apabila ada yang menolak produk yang ditawarkan, agar tetap optimis dan jangan bersedih, serta mencoba cara-cara lain yang lebih kreatif.

Sejak pagi pukul 07.00 anak-anak sudah mulai berkumpul di Perumahan Billabong dan Telaga Kahuripan tempat mereka beraksi menawarkan produk yang akan mereka jual. Kegiatan berakhir pada pkl 10.30. Dengan mengadakan briefing sebentar kemudian pengarahan dari Fasilitator, barulah anak-anak menyebar ke area keramaian.

Banyak tantangannya yang dihadapi, seperti penolakan, pengabaian, hanya mendapat senyuman bahkan ditinggal lari juga ada. Namun semuanya seru-seru juga deg-degan. Dalam waktu kurang lebih 3 jam mereka cukup lelah fisik dan mental juga. Tentu ini juga merupakan pembelajaran yang penting bagi mereka kelak.

Banyak pertanyaan: "bagaimana jualannya? Apa kendalanya? Apakah menemukan kesulitan? Dapat untung berapa? Apakah sudah balik modal? Kenapa tidak laku?" 

Nah pertanyaan di atas hanya bisa dijawab oleh anak-anak yang melakukan, ya walaupun ada yang tidak habis, namun cukup menjadi pembelajaran bagi anak anak. 1 hal yang perlu mereka ketahui bahwa MENCARI UANG ITU TIDAK MUDAH, NAMUN JUGA TIDAK SULIT supaya mereka merasakan dan bisa mengetahui kegiatan orang tuanya dalam mencari nafkah, sulit namun bisa dijalani dengan optimis dan tanpa menyerah.

Dengan adanya kegiatan TMB ini diharapkan anak-anak memiliki jiwa juang dan tarung yang besar. Walaupun baru 1 kali bagi anak baru SM 1 dan 2 serta 3 kali bagi SM 2 dan 3, namun fakta nya tetap saja cukup membuat deg degan :)

Selamat kepada anak SM 1 - 3 yang sudah mengikuti kegiatan ini, semoga selalu menjadi pejuang yang tangguh dan bermanfaat.