admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

SD 1 SOU Cooking Class - Es Senale dan Bola Bola Coklat

SD 1 SOU Cooking Class - Es Senale dan Bola Bola Coklat

Rabu, 21 September 2022, Siswa – siswi SD1 School of Universe melakukan kegiatan cooking class untuk pertama kalinya. Kegiatan ini adalah kegiatan kreasi membuat makanan atau minuman. Kegiatan ini sesuai dengan tema pembelajaran kelas yakni “Me and My Hobby”. 

Siswa dan siswi SD1 mengolah biskuit menjadi bola – bola coklat, dan membuat minuman sederhana dari buah melon, nata de coco, selasih dan lemon yang diberi nama Es Senale. Setelah menjadi kreasi makanan dan minuman, siswa dan siswi SD1 melakukan kegiatan berjualan dari hasil makanan dan minuman yang mereka buat.

Bola – bola Coklat. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu membuat bola – bola coklat. Siswa dan siswi dikelompokan berdasarkan CLC nya . Masing - masing CLC diberikan 2 produk yakni biskuit marie dan juga oreo. Masing – masing biskuit ditumbuk hingga hancur lalu ditambahkan susu kental manis . Setelah tercampur, biskuit di bentuk bulat seperti bola lalu masing – masing siswa bebas berkreasi dengan toping yang disediakan seperti meses coklat, meses warna, sprinkle dan glaze. Siswa dan siswi terlihat sangat antusias dan senang sekali dalam membuatnya. Mereka merasa sangat puas dengan hasil kreasi makanan yang mereka buat. Setelah selesai kegiatan membuat bola – bola coklat, siswa dan siswi SD1 melakukan kegiatan tidy up kelas.

. Kegiatan kedua adalah membuat Es Senale yakni kepanjangan dari Es Selasih, Nata de Coco dan Lemon. Masing – masing  CLC menyediakan satu buah baskom, lalu menyeduhkan jeruk peras. Setelah itu diberi nata de coco, es batu dan selasih. Terakhir memasukan potongan lemon dan potongan melon. Es Senale siap disajikan. Siswa dan siswi SD1 sangat antusias dalam membuat dan meminum hasil kreasi Es Senalenya. 

Para guru dan fasilitator menyiapkan bola-bola coklat dan es senale yang telah dipisahkan dan packaging cantik untuk dijual. CLC 4 bertugas menjual hasil cooking class nya . Alhamdulillah laris manis dan terjual habis. Ananda SD1 sangat happy dengan pengalaman pertamanya pada cooking class kali ini. Masing – masing siswa membawa pulang bola – bola coklat hasil kreasinya. Menjadi pengalaman yang tidak pernah terlupakan untuk mereka.

Cooking class ini bertujuan untuk menggali kreatifitas anak dalam membuat dan menciptakan sesuatu dalam hal ini adalah berkreasi mengolah makanan dan minuman. Dengan adanya kegiatan cooking class ini siswa dan siswi SD1 memahami bagaimana proses membuat cookies dan minuman dan melatih mental bisnis pada siswa dan siswi SD1 , bagaimana mereka belajar cara menjual hasil kreasi mereka sehingga mereka tahu apakah konsumen yang ditawarkan tertarik pada dagangan mereka atau tidak. Adapun beberapa siswi yang bercita – cita menjadi chef dapat melatih keterampilannya pada kegiatan cooking class ini. Selain itu, adanya pembagian per kelompok (CLC) membuat siswa dan siswi belajar bekerja sama antar kelompok dalam menyatukan idenya.