admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Unit Bank SamSoU (Bank Sampah School of Universe), cara Sekolah Alam tanamkan kepedulian pada lingkungan

Unit Bank SamSoU (Bank Sampah School of Universe), cara Sekolah Alam tanamkan kepedulian pada lingkungan.

Kegiatan memilih dan memilah sampah yang melibatkan siswa di sekolah Alam School of Universe, menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari senin. Misi yang dimiliki Unit bank SamSou salah satunya adalah "ubah sampah menjadi berkah". 

kegiatan ini melibatkan para siswa agar mereka ikut peduli terhadap kebersihan lingkungan dan menjadi khalifah muda yang sayang akan bumi. Tak hanya itu School of Universe ingin setiap anak mampu mengklasifiasi dan mengetahui berbagai jenis sampah sehingga nantinya mereka tidak hanya sekedar mampu membuang sampah pada tempatnya namun tepat membuang sampah sesuai jenisnya. Saat ini sampah yang terkumpul bisa didaur ulang dan dimanfaatkan untuk membuat media belajar, display dan membuat kerajinan. Di antaranya botol kaca dapat dibuat alat musik dan sampah kardus dapat dibuat aneka macam hiasan dan tutup botol bisa dijadikan sebuah keranjang menarik. Sebagian lagi sampah akan dijual ke pengepul sekitar SoU. Hasil penjualan sampah ini diberikan kepada kelas-kelas sesuai dengan catatan buku tabungan Bank SamSoU mereka .

Para siswa dilibatkan dalam kegiatan ini agar juga bisa ikut berperan dalam menjaga kebersihkan lingkungan baik di sekolah maupun di rumah sehingga program 5 R berjalan secara konsisten. di masa pandemi covid-19 ini pun menjadi pelajaran bagi kita dalam pentingnya menjaga kebersihan. 

Sekedar informasi unit Bank SamSou memiliki beberapa program yaitu:

1. Woro-woro (Pembuatan dan pengumuman terkait hasil pengumpulan dan penjualan barang bekas melalui mading Bank SamSoU)

2. Kumpul-Kumpul (Pengumpulan, penimbangan, dan pencatatan barang bekas dari kelas)

3. Jual-jual (Penjualan barang bekas)

4. Nge-Display Yuk (Pembuatan display dari barang bekas)

5. Barbeku Fest (Penjualan barang bekas berkualitas kepada warga SoU dan warga sekitar SoU)

6. Bagi-bagi (Program sharing dan pelatihan tentang pemanfaatan barang bekas kepada masyarakat atau sekolah yang tahu sampah sebagai media belajar )

by Ms. Nindie

00 01 02 05 03 04