admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

My Pets Carnaval 2022

My Pets Carnaval 2022

By Ms Sifa

 

Allah SWT menciptakan berbagai macam makhluk hidup, diantaranya manusia dan binatang, keduanya memiliki keterkaitan dalam keterikatan rangkaian ekosistem kehidupan, terlebih pada binatang peliharaan karena merawatnya setiap hari dan membersamai dengan rentang waktu yang cukup lama biasanya ikatan emosional akan terbentuk antara pemilik dan hewan peliharaannya, bahkan sebagian orang menganggap binatang adalah teman dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran, karena sama halnya dengan manusia binatang pun memiliki emosi dan beberapa binatang memiliki karakter yang unik sehingga seseorang tertarik untuk memeliharanya. Sudah selayaknya sesama makhluk yang Alllah ciptakan kita harus saling mengasihi dan menyayangi tanpa terkecuali, minimal sesama makhluk hidup kita tidak menyakiti.

Selaras dengan pembahasan mengenai binatang peliharaan, PGTK Sekolah Alam School Of Universe memiliki agenda acara tahunan yakni kegiatan "My pets Carnaval" dengan tema "I Love My Pets" pada acara ini setiap anak diminta membawa hewan peliharaannya ke sekolah. Kegiatan ini di laksanakan bertujuan untuk mendukung pembelajaran mengenai tema binatang pada semester ini, menambah wawasan tentang binatang dan cara merawat binatang peliharaan. Urgensi lain diadakannya acara ini karena anak usia dini belajar dari hal-hal terdekat dan bersifat kongkrit, jadi dengan adanya acara ini anak dapat melihat, menyentuh dan bercengkrama langsung dengan binatang-binatang yang ada. Kegiatan ini alhamdulillah telah di laksanakan pada 22 Desember 2022 merupakan bagian dari kegiatan Fun Learning. Acara "My Pets Carnaval" diadakan oleh PGTK SOU, diketuai oleh Mrs Ita dan diikuti oleh seluruh elemen SoU diantaranya PG, TK. SD, SM dan ayah-bunda PGTK, situasi sangat ramai dan seru sekali. 

 

 

Pukul 07.00 sebelum memulai acara "My Pets Carnaval" para fasilitator PGTK menyiapkan berbagai macam perlengkapan yang dibutuhkan mulai dari meja, sound system, microphone, infocus, layar dan lain-lain. Teman-teman PGTK sudah mulai berdatangan ke kelas sambil membawa hewan peliharaan masing-masing seperti kucing, kelinci, kura-kura, ikan, hamster, burung, sugarglider dan masih banyak hewan lainnya. Berlanjut pada pukul 07.30 teman-teman PGTK melakukan kegiatan clean up, sholat dhuha dan snack time. Kemudian pada pukul 09.00 teman-teman PGTK diarahkan membawa binatang peliharaan ke area pameran, di bukit persembahan SoU kegiatan "My Pets Carnaval" dimulai, diawali dengan pembacaan surat pendek dalam Al-Qur'an yang dibacakan oleh Anada Azzam dan Ananda Arka perwakilan dari TK-A, untuk kelancaran acara doa pembuka pun dibacakan oleh Ananda Arkanza dari TK-B. Kemudian acara berlanjut pada sambutan oleh Ms Nindie selaku Kepala sekolah PGTK SoU menyampaikan beberapa pesan, ucapan terimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat pada acara tersebut sekaligus membuka acara.

 

Selain itu untuk memeriahkan acara "My Pets Carnaval" disuguhkan pula performance teman-teman PGTK yang berkaitan dengan gerakan binatang lengkap menggunakan kostum topeng binatang dimulai dari tarian "The Lion Sleep Tonight" yang dibawakan oleh teman-teman TK A. Keseruan berlanjut ketika seluruh teman-teman PGTK menari "Lompat si Katak Lompat" secara bersama-sama. 

 

Persembahan selanjutnya yaitu untuk bunda-bunda PGTK karena pada 22 Desember bertepatan dengan Hari Ibu, teman-teman PGTK menyanyi bersama lagu "Cinta Untuk Mama" kemudian memberikan bunga kepada bundanya masing-masing, suasana yang tadinya gembira berubah menjadi haru bahagia. 

Acara selanjutnya kami menghadirkan dokter hewan yaitu Drh. Octaviyanti Indah Puspa Dewi. beliau memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara mewarat hewan dan beliau juga memberikan kesempatan sharing session kepada audience. Disusul dengan show dari Komunitas Hewan Bogor, ada banyak hewan reptil yang ditampilkan salah satunya ular besar yang mencuri perhatian audience. Teman-teman komunitas hewan juga melakukan sharing session kepada audience tentang bagaimana cara menjaga dan merawat hewan-hewan yang mereka miliki, audience juga diperbolehkan untuk berfoto bersama binatang yang terdapat di area pameran hewan.

    

Acara yang paling ditunggu-tunggu yakni pet show yakni peserta diminta berjalan di karpet merah sambil membawa binatang peliharaannya dan banyak juga anak yang menggunakan kostum unik dan menarik contohnya ada yang menggunakan baju spiderman lengkap dengan topengnya, ada juga yang menggunakan baju dinosaurus, ada pula yang cosplay menjadi bajak laut, sangat menghibur bagi siapapun yang melihatnya. Tentu saja bagi yang mendapatkan nilai tertinggi dari para juri dialah pemenang pet show.

    

Suasanapun semakin ramai dan seru, tentu saja itu semua tidak lepas dari sinergitas antara anak, fasilitator, ayah-bunda dan seluruh elemen SoU termasuk sponsor kami (Whiskas) yang telah mendukung acara "My Pets Carnaval" sehingga acara dapat berlajan dengan lancar. Kami sangat mengapresiasi kepada siapapun yang terlibat pada acara ini, kami ucapkan terimakasih