admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

School of Universe Menggelar Parung Day : Wisuda dengan Mengangkat Tema Budaya Parung

School of Universe Menggelar Parung Day : Wisuda dengan Mengangkat Tema Budaya Parung

Di akhir tahun setiap sekolah dari tingkat PG, TK, SD, SMP dan SMA tentu melaksanakan moment yang ditunggu-tunggu yaitu acara wisuda. School of Universe merupakan salah satu sekolah yang konsisten setiap tahunnya membuat kegiatan budaya bersamaan dengan kegiatan Wisuda. Tahun ini School of universe memilih mengangkat tema budaya Parung, dengan tajuk Parung Day. Festival Parung Day memiliki arti penting bagi sekolah pendidikan siswa dan siswi School of Universe dalam upaya menjaga, melestarikan dan sekaligus memperkenalkan seni budaya serta potensi yang ada di Parung. 

Berbagai kegiatan digelar pada acara wisuda dari mulai aksi Palang Pintu, pemaparan sejarah oleh tokoh masyarakat sekaligus sesepuh Parung, seni bela diri Kotek, pemaparan potensi parung ikan dan tanaman hias serta kekayaan budaya Parung lainnya. Menariknya semua yang hadir menyaksikan secara luring dan daring sangat antusias melihat apa yang ditampilkan. Ragam seni dan budaya yang tentu sangat baik untuk melestarikan seni dan budaya lokal yang mulai ditinggalkan oleh para generasi milenial.

  

Kegiatan ini dibuka langsung oleh konseptor sekolah alam yaitu Ir Lendo Novo dan Mrs Jusrijanah, M.Pd. Festival Budaya Parung Day ini adalah Festival Budaya terakhir yang sempat dihadiri oleh Bang Lendo Almarhum. Pada kesempatan kali ini hadir pula Kasie Dinas Pariwisata kabupaten Bogor Andi Yuslin Rosandhi, SE,MM dan Camat Parung Bapak Yudi Santosa. S.sos. Mengutip dari sambutan Bapak Yudi, "saya mengapresiasi jika ada sekolah yang mengadakan memasukkan kegiatan seni dan budaya lokal. Ini tidak lain untuk melestarikan seni dan budaya lokal serta agar para pelajar tetap mencintai seni dan budayanya sendiri".

Kegiatan seni dan budaya seperti tari tradisional, lagu daerah, Bahasa daerah harusnya menjadi acara yang wajib ada pada setiap acara wisuda di sekolah. Sehingga mereka semakin mengenal dengan bahasa, seni dan musik daerah sendiri khususnya daerah parung.

Sementara itu, pada saat wisuda yang bertema Parung Festival Day ini  ada beberapa pementasan seni, salah satunya drama yang memiliki alur cerita daerah Parung. Dalam kegiatan ini semoga banyak warga Parung untuk menjadikan Parung Festival Day ini sebagai momentum terbaik yang dapat menumbuhkan rasa memiliki dan mengenal seluruh budaya dan potensi parung.

Panitia yang terdiri dari Guru-guru serta siswa-siswi School of Universe, merasakan bahwa acara yang mengangkat budaya Parung masih sangat terbatas, sehingga perlu terus didorong untuk ditumbuh kembangkan. Agar dapat diketahui oleh masyarakat saat ini, 

semoga melalui Parung Festival Day ini diharapkan, kita akan semakin bangga dan mencintai budaya Indonesia, juga khususnya mengetahui sekaligus memahami ragam Budaya yang ada di Parung. Sampai berjumpa lagi di tema budaya tahun depan. - Nindie