admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Healthy Life ala SD5

Healthy Life atau gaya hidup sehat kini tidak hanya menjadi tren namun menjadi sebuah keharusan. Dengan pola hidup sehat kita bisa memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit khususnya di tengah pandemi saat ini. Pola hidup sehat dapat di peroleh dengan berolah raga yang cukup, istirahat yang berkualitas dan pola makan yang sehat dan bergizi. Apa yang kita konsumsi tentunya akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Makanan sehat bersumber dari berbagai macam hewan dan tumbuhan yang diolah dengan cara yang baik. Tahu kah anda bahwa ada sebuah tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dia adalah tanaman Gynura. Di Indonesia tanaman ini memiliki beberapa nama daerah seperti daun dewa, sambung nyawa dan ngokilo.

Dengan ketertarikan terhadap tanaman serta manfaatnya, siswa-siswi SD 5 Sekolah Alam School of Universe mengambil tema Healthy Life dan melakukan penanaman Gynura di kebun sekolah. Kegiatan diawali dengan mempersiapkan lahan, dan menyemai bibit tanaman Gynura. Kegiatan penyemaian didampingi oleh Pak Yoki, Bu Yusri dan Bu Karina. Bu Yusri dan Bu Karina adalah guru sekaligus pengelola unit bisnis Souflora di School of Universe. Selain bisnis tanaman hias, Souflora juga melakukan perbanyakan tanaman dengan kultur jaringan. Apabila proses penyemaian berhasil dan tanaman tumbuh dengan baik, siswa juga akan melakukan perawatan berupa penyiraman dan pemupukan. Saat panen, siswa akan mengolah dan bisa jadi peluang bisnis juga lho!

Apa yang dimanfaatkan dari tanaman Gynura atau Sambung Nyawa ini? ternyata yang diambil dari tanaman ini adalah daunnya. Daun dari tanaman Gynura mengandung zat aktif seperti saponin, tannin, terpenoid, dan lain-lain. Zat-zat tersebut ternyata bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan ini yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh. Daun Gynura juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, melawan kanker, daebetes, gangguan pencernaan, hipertensi dan jantung, penyakit ginjal dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya? Daun Gynura dapat dimakan langsung daunnya. Atau dapat diolah terlebih dahulu menjadi juz, sehingga selain manfaatnya, rasanya juga dapat dinikmati.